Keselamatan dalam berkendara di jalan raya merupakan salah satu aspek penting yang seringkali terlepas dari indahan para pengendara. Apabila sudah masuk ke jalan raya, pengendara seringkali mengutamakan cepat sampai namun tidak mengindahkan faktor keselamatan, sehingga memicu terjadinya kecelakaan. Berdasarkan data yang didapatkan dari Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, di tahun 2018 terdapat kecelakaan lalu lintas sebanyak 29.082, dengan rata-rata per bulan terjadi kecelakaan 2.417, rata-rata per hari 80 kecelakaan dan rata-rata kecelakaan per jam-nya adalah 3 kecelakaan. Menurut Komisaris Besar Yusuf, kecelakaan lalu lintas dari tahun 2017 sampai dengan 2018, didominasi dari kalangan milennial. Sekitar 55 persen korban kecelakaan lalu lintas adalah millennial. Mayoritas kecelakaan lalu lintas tersebut berasal dari kendaraan roda dua. Dengan adanya program Milennial Road Safety Targetnya di tahun 2020, kecelakaan lalu lintas yang melibatkan milenial harus di bawah 55 persen, kalau bisa di bawah 30 persen.

Baca juga: https://jdih.bssn.go.id/berita/penurunan-tingkat-kecelakaan-lalu-lintas-di-tahun-2018-kesadaran-tertib-berlalu-lintas-masyarakat-meningkat 

Milennial Road Safety Festival telah diresmikan sejak 2 Februari 2019 lalu dan puncaknya pada tanggal 31 Maret 2019 di Monumen Nasional dengan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. Hadirnya Presiden Negara Republik Indonesia tersebut sebagai bentuk pencanangan secara nasional atas program Milennial Road Safety secara nasional. Seluruh instansi dan masyarakat diharapkan dapat ikut berperan serta aktif dalam mendukung pencanangan program Milennial Road Safety. Hal tersebut dilakukan pula oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) melalui penyelenggaraan kegiatan penyuluhan hukum internal dengan tema Milennial Road Safety bagi seluruh pegawai BSSN. Penyuluhan Milennial Road Safety tersebut perlu diselenggarakan di Badan Siber dan Sandi Negara mengingat bahwa lebih dari 50% adalah pegawai yang berumur kurang dari 30 tahun (masuk golongan millennial).

Baca juga: https://jdih.bssn.go.id/berita/penyuluhan-hukum-internal-bssn-bantuan-hukum-bagi-aparatur-sipil-negara-bssn

Kegiatan penyuluhan hukum internal dengan tema Milennial Road Safety tersebut dibuka oleh Kepala Biro Umum Badan Siber dan Sandi Negara pada Kamis, 16 Mei 2019 pukul 09.00. Kemudian dilanjutkan dengan paparan 3 narasumber dari Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, dan Defensive Driving Consulting (JDDC). Masing-masing narasumber menyampaikan materi yang dapat mendukung program Milennial Road Safety seperti tata tertib berlalu lintas dan pencegahan kecelakaan lalu lintas saat berkendara, ketentuan dan peraturan terkait parkir di bahu jalan, serta keselamatan di jalan raya dan penyebab utama kecelakaan berlalu lintas. Diharapkan dengan adanya penyuluhan internal terkait Milennial Road Safety untuk pegawai BSSN ini, masing-masing pegawai BSSN dapat mendalami dan menjadikan pelopor untuk pelaksanaan program Milennial Road Safety saat berkendara dan berlalu lintas di jalan raya dengan mengutamakan keselamatan dan dapat mendukung penurunan prosentasi kecelakaan lalu lintas di tahun mendatang. (top/tik)