Jakarta – Kamis (24 Oktober 2019) lalu, dilakukan pembukaan kegiatan Legal Expo 2019 oleh Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Ronny F. Sompie di Lantai UG Plaza Semanggi, Jakarta Selatan. Kegiatan tersebut diadakan dalam rangka peringatan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) yaitu hari ulang tahun Kemenkumham. Legal expo tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu diselenggarakan di lokasi publik, dengan tujuan agar lebih dekat dengan masyarakat umum. Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari yaitu tanggal 24-25 Oktober 2019 mengusung Tema Transformasi Meraih Kinerja PASTI.

Baca juga: https://www.kemenkumham.go.id/berita/legal-expo-serunya-kampanye-hukum-di-mal

Partisipan dari kegiatan ini adalah 35 instansi. Tidak hanya instansi pemerintah/lembaga negara di bidang hukum dan HAM, namun terdapat pula instansi pemerintah daerah, organisasi profesi, universitas/perguruan tinggi, penerbit buku, dan perusahaan perbankan. Masing-masing instansi yang menjadi peserta Legal Expo menyediakan wahana pemberian informasi terkait hukum dan HAM serta produknya masing-masing dengan cara yang kreatif dan menarik di dalam booth-booth. Setelah dilakukan pembukaan acara, booth-booth dalam kegiatan expo tersebut ramai dikunjungi pengunjung baik pelajar, mahasiswa, pekerja, dan masyarakat umum lainnya secara antusias. Pengunjung expo pun dapat melakukan konsultasi, tanya jawab, diskusi di bidang hukum dan HAM, main games, serta mendapat hadiah-hadiah menarik pada masing-masing booth. Dengan cara ini, sosialisasi terkait pembangunan serta peningkatan kesadaran hukum dan HAM dilakukan dengan cara menyenangkan dan tidak membosankan serta dapat menembus seluruh lapisan masyarakat.

Baca Juga: https://jdih.bssn.go.id/berita/penyuluhan-hukum-siber-nasional-bijak-menekan-tombol-di-internet

Sebagaimana diungkapkan oleh Ronny F. Sompie dalam sambutannya, kegiatan Legal Expo 2019 ini bertujuan untuk mengkolaborasikan seluruh instansi hukum dan HAM di dalam mensosialisasikan proses pembentukan hukum, pelayanan hukum, dan memberikan informasi perkembangan hukum kepada masyarakat. Dengan adanya Legal Expo 2019 ini, diharapkan masyarakat dapat meningkatkan kesadaran hukum dan menerapkan budaya hukum dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, instansi-intansi lain yang bergerak di bidang hukum di seluruh Indonesia pun dapat menjadikan kegiatan ini sebagai referensi dalam penyelenggaraan kegiatan sosialisasi dan peningkatan kesadaran hukum masyarakat Indonesia di seluruh wilayah. (top/tik)