Mataram – Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) Kota Mataram menginginkan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) melaksanakan kegiatan Penyuluhan Hukum Siber secara intens dan berkelanjutan kepada masyarakat di seluruh Indonesia. Hal tersebut disampaikan dalam acara Penyuluhan Hukum Siber Nasional dengan tema Bijak Menekan Tombol di Internet yang diselenggarakan di Mataram (25/7).

Kadarkum Kota Mataram merasakan manfaat secara langsung dari penyuluhan hukum siber ini. “Acara seperti ini (penyuluhan hukum siber-red), menurut saya, sangat luar biasa. Karena, bagaimana pun juga pemahaman masyarakat terkait UU ITE maupun hukum keamanan siber sangat rendah. Sehingga, perlu diadakan acara seperti ini (penyuluhan-red) secara berkelanjutan,” kata Saefullah, salah satu Kepala Lingkungan di Kota Mataram yang menjadi anggota Kadarkum. Selain mendapat tanggapan positif dari masyarakat, kegiatan ini juga diapresiasi oleh Walikota Mataram, yang disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika kota Mataram, Drs. I Nyoman Suwandiasa, M.H.

Penyuluhan Hukum Siber Nasional bagi Kadarkum merupakan salah satu upaya BSSN mengenalkan dan menyebarluaskan produk hukum keamanan siber. Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan hukum, pemahamam hukum, serta kesadaran hukum di masyarakat sehingga tercapai SDMUnggul serta mendukung IndonesiaMaju. Acara ini  dibuka oleh Kepala Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat BSSN, Y. B. Susilo Wibowo, S.E., M.M. mewakili Sekretaris Utama BSSN. Dalam sambutannya disampaikan bahwa tujuan penyuluhan hukum siber ini menyasar ke lapisan masyarakat terkecil, yaitu keluarga. Diharapkan dari keluarga dapat memberikan pemahaman melalui anggota keluarganya dan lingkungan masyarakat di sekitarnya dalam menggunakan hak dan menjalankan kewajibannya dalam bersosial media dan menggunakan internet.

Baca Juga: https://jdih.bssn.go.id/berita/penyuluhan-hukum-siber-nasional-bijak-menekan-tombol-di-internet

Pemapar pertama oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mataram, Drs. I Nyoman Suwandiasa, M.H., menyampaikan bahwa pihaknya mendukung kegiatan ini dengan mensosialisasikan internet sehat bagi masyarakat di Kota Mataram dan memanfaatkan persandian untuk mengamankan komunikasi Pemerintah Daerah. Kemudian paparan dilanjutkan oleh Penyuluh Hukum Tingkat Madya Kemenkumham, I Wayan Puspa, S.H., M.H., menjelaskan tentang perlindungan hak kebebasan berekspresi di internet yang dibatasi dengan keamanan nasional, ketertiban masyarakat, kesehatan, maupun  moral publik,” katanya.

Paparan ketiga disampaikan oleh Kepala Bagian Hukum Setda Mataram, Hubaidi, S.H., M.H., menjelaskan tentang arah kebijakan pembinaan kelompok Kadarkum kota Mataram. Pemapar terakhir, yang merupakan puncak acara, dilakukan oleh Kepala Bagian Hukum dan Kerjasama BSSN, Ferry Indrawan, S.H. Beliau menjelaskan tentang hukum, hak, dan kewajiban berinternet dan keamanan siber. (top/ftd)